Wednesday, March 30, 2016

Makalah makkiyah madaniyyah


DAFTAR ISI

BAB I 2
PENDAHULUAN 2
A.Latar Belakang 2
B. Rumusan Masalah 2
BAB II 3
PEMBAHASAN 3
A.Pengertian Makiyyah dan Madaniyah 3
B. Tanda-tanda surat makiyyah dan madaniyyah 5
C. Jumlah surat makkiyyah dan madaniyyah 8
D. Faedah Mengetahui Ilmu Makki dan Madani 9
BAB III 10
KESIMPULAN 10
DAFTAR PUSTAKA 133










BAB I
PENDAHULUAN

A.LatarBelakang

KitabSuci Al-Qur’an ada yang Makki dan ada yang Madani.Al-Qur’an Makki / surah atauayat Makiyyah ialah yang turun di Mekkah dan sekitarnya.Al-Qur’an Madani / surah atau ayat Madaniyyah ialah yang turun di Madinah dan sekitarnya.
Untuk lebih jelasnya dalam bab ini akan di terangkan Ihwal Makki dan Madani yang sekarang sudah menjadi disiplin Ulumul Qur’an yang  berdiri sendiri,  sebagai salah satu cabang dari Ulumul Qur’an secara Mudawwan.
Dalam bab Ilmu Makki dan Madani ini, kami akan menjelaskan pengertian Makki dan Madani, perbedaan makki  Makki dan Madani, tanda-tanda keduanya dan macam-macam surah-surah Makiyyah dan Madaniyah serta faedah mengetahui Makki dan Madani.

B. RumusanMasalah
1. ApapengertianMakkiyahdanMadaniyyah?
2. Bagaimanatanda-tandasuratMakki Dan Madani?
3. Berapakah jumlah masing-masing surat makkiyyah dan madaniyyah?
4.ApakahfaedahmengetahuiMakkidanMadani?

BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Makiyyah dan Madaniyah
                   Dalam mendevinisikan makiyah dan madaniyah ada beberapa teori yang berbeda –beda sedikitnya ada 4 teori dalam menentukan kreteria untuk memisahkan nama bagi ayat makiyah dan madaniyah’
1.      Teorigeografi( mulahadhotumakanannuzul )
                   Makiyah ialahayat – ayat yang turun di mekah dan sekitarnya, baik sebelum atau sesudah hijrah .sedangkan madaniyah ialah ayat –ayat yang turun di madinah dan sekitarnya.
Kelebihan dari teori tersebut adalah rumusannya jelas dan tegas
Kelemahannya, rumusan teori ini tdk dpt sepenuhnya dijadikan patokan, sebab belum mencakup keseluruhan ayat, karena tdk seluruh ayat diturunkan di Makkah, Madinah dan sekitarnya..
لَوْ كَانَ عَرَضًا قَرِيبًا وَسَفَرًا قَاصِدًا لَاتَّبَعُوكَ وَلَكِنْ بَعُدَتْ عَلَيْهِمُ الشُّقَّةُ وَسَيَحْلِفُونَ بِاللَّهِ لَوِ اسْتَطَعْنَا لَخَرَجْنَا مَعَكُمْ يُهْلِكُونَ أَنْفُسَهُمْ وَاللَّهُ
يَعْلَمُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ (التوبه:42)
وَاسْأَلْ مَنْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رُسُلِنَا أَجَعَلْنَا مِنْ دُونِ الرَّحْمَنِ آلِهَةً يُعْبَدُونَ (الزخرف:45)
Ayat yg pertama (at-Taubah:42) diturunkan di Tabuk, jauh dari kota Makkah maupun Madinah.
Sedangkan ayat yang kedua (az-Zuhruf:45) diturunkan di Bait al-Makdis, daerah Palestina saat IsrakMikraj.

2.      Teori subjektif  ( mulahadhotu mukhothobin  )
                   Makiyah adalah ayat –ayat yang berisi khitab atau panggilan kepada penduduk makkah dengan menggunakan kata-kata “yaa ayyuhan nassu “ dan lain –lain. Sedangkan madaiyah adalah ayat-ayat yang berisi panggilan kepada orang –orang madina dengan menggunakan kata-kata “yaa ayyuhalladzi naamanu”.
Kekurangandariteoritersebutadalah :tidakdapatmencakupseluruhayat Al-Qur’an. “Yaa an-Nida” 511: 292 (Makkiyah) 219 (Madaniyah).
Kelebihannya, mudahdimengertisalahsatudarisekianbanyakcirisuratMakkiyahdanMadaniyah.

3.      Teorihistoris(mulahadhotuzamanannuzul )
                   Makiyah adalah ayat-ayat alquran yang diturunkan sebelum hijrah nabi Muhammad SAW ke madinah, meskipun turunnya ayat diluar kota makkah. Sedangkan madaniyah adalah ayat –ayat alquran yang turun setelah hijrahnya nabi Muhammad SAW kemadinah neskipun turunya di makkah dan sekirarnya.
Definisi tersebut memiliki keunggulan dapat mencakup keseluruhan dari ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga tidak ada satu ayatpun yg dikecualikan dari batasan tersebut.

4.      Teoriconten analysis ( mulahadhotumaatadhomananna )
Makiyyah adalah ayat-ayat yang berisi cerita –cerita umat dan para nabi atau rosul dahulu. Sedangkan madaiyah adalah ayat-ayat yang berisi hukum hudud, faraid, dan sebagainya.

Keempat pendapat diatas tampak berangkat dari persepsi yang berbeda-beda. Pendapa pertama lebih menekankan pada tempat tinggal nab semata, sementara pendapat kedua lebih menekankan kepada penduduk yang dijadikan sasaran ebicaraan al-quran, dan pendapat  keiga lebih mengutamakan peristiwa sejarah yang amat besar, yakni waktu sebelum dan sesudah nabi hijrah dari makkah ke madinah. Sedangkan pendapat terakhir lebih menitikberatkan pada isi yang terkandung didalamnya.
Pendapat yang sekiranya paling kuat yaitu pendapat yang ketiga. Karena didasarkan pada peristiwa besar dan bersejarah, yakni peristiwa hijrahnya nabi muhammad dari makkah menuju madinah, juga karena standar ini dapat sekaligus menampun kelompok kedua yang lebih mengandalkan pendapatnya pada perbedaan penduduk makkah yang kebanyakan non muslim serta penduduk madinah yang umumya telah memeluk agama islam. Alasan ini semakin argumentatif  ketika menyaksikan kenyataan bahwa bagian terbesar dari surat dan ayat makkiyyah seperti dikenal dengan beberapa ciri khususnya lebih diarahkan kepada umat manusia(penduduk makkah) yang sesuai dengankondisi ojektif masyarakat makkah waktu itu yang pada umumnya belum beriman(kafir). Sedangkan bagian terbesarsurat dan ayat madaniyyah lebih banyak berdialog dengan orang-orang mukmin yang menjadi bagian terbesardari penduduk madinah pada saat itu.

Tanda-tandasuratmakiyyahdanmadaniyyah
METODE MENGETAHUI MAKKI DAN MADANI
Ada duacarauntukmengetahuiMakkidanMadani :
Al-Manhaj as-Sima’I an-Naqli, MelaluiriwayatdariparaSahabatygmenyaksikanturunnyaayat.
al-Manhaj al-Qiyasi al-Ijtihadi. Berdasarkankarakteristiksuratdanayat-ayatmakkiyahdanmadaniyah.
Tanda-tandasuratMakiyyah
- مميزات وضوابط المكي:

ضوابطه
1كل سورة فيها سجدة
2كل سورة فيها لفظ : كلا
3كل سورة فيها يا أيها الناس
4كل سورة فيها قصص الأنبياء والأمم الغابرة
5كل سورة فيها قصة آدم وإبليس ما عدا البقرة
6كل سورة تفتح بحروف التهجي مثل : آلم - آلر - حم ما عدا البقرة وآل عمران .

مميزاته
1الدعوة إلى التوحيد وعبادة الله وذكر القيامة والجنة
2يفضح أعمال المشركين من سفك دماء وأكل أموال اليتامى
3قوة الألفاظ مع قصر الفواصل وإيجاز العبارة
4الإكثار من قصص الأنبياء وتكذيب أقوامهم

Di mulai dengan nida’ (panggilan) : ‘’Ya Ayyuhan Naasu’’, “Yaa banii adama”, ataupun kata ‘’Kalla’’
Di permulaanyaterdapathuruf-huruf fawatihussuwaar, sepertihuruf : الم, حم, يس, ن,   dsb
Di dalamnya berisi cerita-cerita terhadap kemusyrikan dan adat kebiasaan orang-orang kafir dan orang musyrik yang suka mencuri, merampok, membunuh, mengubur hidup-hidup anak perempuan, dsb.
Berisiajaranprinsip-prinsipakidah, akhlak,surga, neraka, pahala, dan dosa.
Berisi kisah tentang para nabi dan umat manusia terdahulu sebelum nabi Muhammad SAW.
ayat makkiyyah umumnya pendek-pendek
redaksi ayatnya cenderung bernada keras(ancaman)
surat-surat yang didalamnya termuat huruf/lafal sumpah.
Berisi ajaran prinsip-prinsip dan pranata sosial yang tinggi, yang dijelaskan dengan sangat mengagumkan sehingga menyebabkan orang benci kepada kekafiran, kemusyrikan, kefasikan, kedurhakaan, dan kesengsaraan saja.
Berisi ayat-ayat nida’ (panggilan) yang ditujukan kepada penduduk Mekkah / orang-orang kafir, musyrik, dsb, dengan ungkapan : ‘’Yaa Ayyuhan Naasy’’ atau ‘’Yaa Ayyuhal kaafiruuna’’ atau ‘’Yaa Banii Aadama’’.

Tanda-tanda surah Madaniyah
- مميزات وضوابط المدني

- ضوابطه
1كل سورة فيها فريضة أو حد
2كل سورة فيها ذكر المنافقين
3كل سورة فيها مجادلة أهل الكتاب
4كل سورة تبدأ بـ)يا أيها الذين آمنوا…(

مميزاته
1بيان العبادات والمعاملات والحدود والجهاد …
2مخاطبة أهل الكتاب ودعوتهم إلى الإسلام
3الكشف عن سلوك المنافقين وبيان خطرهم على الدين
4طول المقاطع والآيات في أسلوب يقرر قواعد التشريع

a.  bila didalamnya berisi hukum-hukum pidana, seperti tindak pidana pencurian, perampokan, pembunuhan, penyerangan, perzinaan, kemurtadan, tuduhan zina,dan faraid (waris-mewaris), hukum ibadah, seperti hukum sholat, zakat, puasa, muamulah, haji,  .
b.  Berisiizin jihad fi sabilillahdanhukum kemasyarakatan, kenegaraan
c.  Berisiketeranganmengenai orang-orang munafikdansifat-sifatsertaperbuatan-perbuatanya, kecuali surah Al-Ankabut.
d.  Berisidakwah (seruan) kepada orang-orang YahudidanNasrani
e.  Berisi ayat-ayat nida’ (panggilan) yang ditujukan kepada penduduk Madinah yang islam, dan khithab (seruan) : ‘’Yaa Ayyuhal Jadziina Aamanu’’
f.  umumnya ayatnya panjang-panjang.
C. JUMLAH SURAT MAKKI DAN MADANI

Para ulamaberbedapendapat dalam menetapkanjumlahsurat yang turun di Makkah Dan Madinah.
Al-Khudlary dalam TarikhTasyri’ menetapkanbahwajumlahsurat Al-Qur’an yang turun di Makkah (91) dan yang di Madinah (23)
Bilakitaperiksadlmmushafdankitaperhatikanketerangan –keterangan yang terdapatdipermukaantiap-tiapsurat, makajumlahnyaMakkiyah (86) danMadaniyah (28).
Menurut Manna’ al-Qaththan, tidak semua surat disepakati oleh para Ulama dalam memasukkannya dalam kategori Makkiyah dan Madaniyah. Surat Makkiyah yang disepakati ada 82 surat. Surat Madaniyah yang disepakati ada 20 surat. Yang diperselisihkan ada 12 surat.






FaedahMengetahuiIlmuMakkidanMadani

أهمية علم المكي والمدني

-1-يعرف بالمكي والمدني الناسخ والمنسوخ
-2- علم المكي والمدني يعين الدارس على معرفة التشريع
-3- الاستعانة في تفسير القرآن وفهم معانيه
-4- تذوق اساليب القرآن والاستفادة منها في اسلوب الدعوة
-5- الوقوف على السيرة النبوية من خلال الآيات القرآنية
Faedah Ilmu Makki dan Madani banyak sekali, diantaranya yaitu:
Kita dapat membedakan dan mengetahui ayat yang mansukh dan Nasikh.
Kita dapat mengetahui sejarah hokum islam dan perkembangannya.
Dapat meningkatkan keyakinan kita terhadap kebesaran, kesucian, dankeaslian Al-Qur’an karena melihat besarnya perhatian umat Islam sejak turunnya, terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Al-Qur’an, sampai hal sedetai-detailnya.
Mudah diketahui mana-mana ayat yang turun lebih dahulu dan mana ayat yang turun belakangan dari kitab suci Al-Qur’an.
Mengetahui perbedaan dan tahap-tahap dakwah Islamiah.
Mengerti perbedaan ushlub-ushlub (bentukbahasa) Al-Qur’an, yang dalam surah-surah Makiyah berbeda dengan yang dalam surah-surah Makiyah.
Dengan mengetahui Ilmu Makki dan Madani situasi dan kondisi masyarakat kota Makkah dan Madinah dapat diketahui, khususnya pada waktu turunnya ayat-ayat Al-Qur’an
BAB III
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat di simpulkan bahwa :
Dalam mengartikan makiyah dan madaniyah ada 4 teori
a.       Teorigeografis
b.      Teorisubjektif
c.       Teorihistoris
d.      Teori content analysis
Tanda- tandamakiyah dan madaniah yaitu diantaranya
Tanda-tandasuratMakiyyah
a.  Di mulaidengannida’ (panggilan) : ‘’YaAyyuhanNaasu’’, “Yaa banii adama”, ataupun kata ‘’Kalla’’
b.  Di permulaanya terdapat huruf-huruf fawatihussuwaar, seperti huruf : الم, حم, يس, ن,   dsb
c.  Di dalamnya berisi cerita-cerita terhadap kemusyrikan dan adat kebiasaan orang-orang kafir dan orang musyrik yang suka mencuri, merampok, membunuh, mengubur hidup-hidup anak perempuan, dsb.
d.  Berisiajaranprinsip-prinsipakidah, akhlak,surga, neraka, pahala, dan dosa.
e.  Berisi kisah tentang para nabi dan umat manusia terdahulu sebelum nabi Muhammad SAW.
f.  ayat makkiyyah umumnya pendek-pendek
g.  redaksi ayatnya cenderung bernada keras(ancaman)
h.  surat-surat yang didalamnya termuat huruf/lafal sumpah.
i.  Berisi ajaran prinsip-prinsip dan pranata sosial yang tinggi, yang dijelaskan dengan sangat mengagumkan sehingga menyebabkan orang benci kepada kekafiran, kemusyrikan, kefasikan, kedurhakaan, dan kesengsaraan saja.
j.  Berisi ayat-ayat nida’ (panggilan) yang ditujukan kepada penduduk Mekkah / orang-orang kafir, musyrik, dsb, dengan ungkapan : ‘’Yaa Ayyuhan Naasy’’ atau ‘’Yaa Ayyuhal kaafiruuna’’ atau ‘’Yaa Banii Aadama’’
 Tanda-tanda surah Madaniyah
a.  biladidalamnyaberisihukum-hukumpidana, sepertitindakpidanapencurian, perampokan, pembunuhan, penyerangan, perzinaan, kemurtadan, tuduhanzina,danfaraid (waris-mewaris), hukumibadah, sepertihukumsholat, zakat, puasa, muamulah, haji,  .
b.  Berisiizin jihad fi sabilillahdanhukum kemasyarakatan, kenegaraan
c.  Berisiketeranganmengenai orang-orang munafikdansifat-sifatsertaperbuatan-perbuatanya, kecuali surah Al-Ankabut.
d.  Berisidakwah (seruan) kepada orang-orang YahudidanNasrani
e.  Berisi ayat-ayat nida’ (panggilan) yang ditujukan kepada penduduk Madinah yang islam, dan khithab (seruan) : ‘’Yaa Ayyuhal Jadziina Aamanu’’
f.  umumnya ayatnya panjang-panjang.
Para ulama berbeda pendapat dlm menetapkan jumlah surat yang turun di Makkah Dan Madinah.
faedah  mengetahui makiyah dan madaniyah yaitu diantaranya
1)      Kita dapat membedakan dan mengetahui ayat yang mansukh danNasikh.
2)      Kita dapat mengetahui sejarah hukum islam dan perkembangannya.
3)      Dapat meningkatkan keyakinan kita terhadap kebesaran, kesucian, dan keaslian Al-Qur’an karena melihat besarnya perhatian umat Islam sejak turunnya, terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Al-Qur’an, sampai hal sedetai-detailnya.
4)      Mudah diketahui mana-mana ayat yang turun lebih dahulu dan mana ayat yang turun belakangan dari kitab sucu Al-Qur’an.
5)      Mengetahui perbedaan dan tahap-tahap dakwah Islamiah.
6)      Mengerti perbedaan ushlub-ushlub (bentukbahasa) Al-Qur’an, yang dalam surah-surah Makiyah berbeda dengan yang dalam surah-surah Makiyah.
7)      Dengan mengetahui Ilmu Makki dan Madani situasi dan kondisi masyarakat kota Makkah dan Madinah dapat diketahui, khususnya pada waktu turunnya ayat-ayat Al-Qur’an











DAFTAR PUSTAKA
Al qathan, mana’.Mabaahits fii uluumil qur’an
Djalal, Abdul. Ulumul Qur’an. DuniaIlmu; Surabaya. 2000
Suma, M. Amin ULUMUL QURAN.  RAJA  GRAFINDO: JAKARTA,2013
http://mahasiswa-blora.blogspot.com/2013/05/makiyah-madaniyah-kajian-tentang-ulumul.html

No comments:

Post a Comment