KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya lah kami
dapat menyelesaikan makalah Statistik Pendidikan.
Makalah ini kami
buat bertujuan untuk menjelaskan materi Statistik Pendidikan tentang Simpangan Baku.
Makalah ini kami buat semaksimal mungkin, walaupun masih banyak sekali
kekurangan-kekurangan yang harus kami perbaiki. Oleh karena itu untuk
memperbaiki makalah ini kami mengharap saran dari teman-teman semua.
Kami ucapkan
banyak terimakasih kepada Dosen pengampu kami Drs. H. Ahmad Rohani HM., M.Pd
yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kelompok kami untuk
menyampaikan materi ini.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 1
DAFTAR ISI........................................................................................................ 2
I.
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang.................................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah............................................................................... 1
C.
Tujuan
Penulisan................................................................................. 1
D.
Manfaat
Penulisan............................................................................... 1
II.
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Simpangan
Baku............................................................... 2
B.
Rumus Simpangan Baku..................................................................... 2
C.
Contoh Simpangan Baku.................................................................... 3
III.
BAB
III PENUTUP
A.
KESIMPULAN.................................................................................. 7
B.
SARAN............................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Latar belakang penulisan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas Statistik Pendidikan I dengan topik “Simpangan Baku”
yang mana dengan pembuatan makalah ini mahasiswa khususnya Kelas A
Progam Studi PAI Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Unissula Semarang dapat
mengetahui segala sesuatu tentang Simpangan Baku.
Topik ini penting karena dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan menerapkan
ukuran variabilitas simpangan baku pada data statistik.
B.
Rumusan Masalah
Sesuai dengan
latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka dapat dirumuskan sebagai
berikut:
1.
Apa
pengertian Simpangan Baku?
2.
Apa Rumus Simpangan Baku?
3.
Bagaimana contoh Simpangan Baku?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk
menjelaskan Pengertian Impangan Baku
2.
Untuk
menjelaskan Rumus Simpangan Baku
3.
Untuk
menjelaskan Contoh Simpangan Baku.
D.
Manfaat Penulisan
Adapun manfaat
penulisan makalah ini adalah : Dengan adanya makalah ini, diharapkan dapat
berguna terutama bagi para pembaca untuk dapat menambah khazanah ilmu
pengetahuan (Statistik Pendidikan) dan dapat pula menjadi bahan masukan bagi
pihak penyusun makalah, mungkin dalam pembuatan makalah masih banyak
kekurangan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN SIMPANGAN BAKU
Simpangan Baku atau
Standar Deviasi (SD) adalah Suatu statistic yang digunakan untuk menggambarkan
variabilitas dalam suatu distribusi ataupun variabilitas beberapa distribuai.
Jika simpangan baku dikuadratkan maka disebut varian.
Makna Simpangan Baku (SD)
·
SD adalah suatu statistik
yang menggambarkan variabilitas dalam suatu distribusi.
·
SD dapat dipandang sebagai
satuan pengukuran sepanjang absis dari suatu poligon.
·
SD dapat pula digambarkan
sebagai “ luas” pengukuran semacam
range, tetapi tidak seluas range.
B. Rumus
Simpangan Baku
Ada 2 Rumus dalam simpangan baku:
a. Simpangan Baku untuk data tunggal
b. Simpangan Baku untuk data kelompok
a.
Simpangan baku untuk data tunggal ada 2 yaitu data sample dan data populasi:
untuk data sample disebut S
Untuk data populasi
disebut
Contoh soal
Dari 40 orang siswa diambil 9 orang untuk diukur tinggi badannya,
dipeoleh data berikut:
165, 170, 169, 168, 156, 160, 175, 162, 169
Hitunglah simpangan baku sampel data tersebut?
Jawab
= 166
S =
S =
contoh soal
Selama 10 kali ulangan semester ini sobat mendapat nilai 91, 79, 86, 80, 75, 100, 87, 93, 90,dan 88. Berapa simpangan baku dari nilai ulangan sobat?
Jawab
Soal di atas menanyakan simpangan baku dari data populasi jadi menggunakan rumus simpangan baku untuk populasi.
Kita cari dulu rata ratanya
rata-rata = = = 86,9
( – xi ) ²
|
-xi
|
ix
|
26,01
|
-5,1
|
91
|
47,61
|
6,9
|
79
|
0,01
|
0,1
|
86
|
34,81
|
-5,9
|
80
|
118,81
|
-10.9
|
75
|
198,81
|
14,1
|
100
|
1,21
|
1.1
|
87
|
8,41
|
-2,9
|
83
|
16,81
|
4,1
|
90
|
4,41
|
2,1
|
88
|
∑ ( -xi )² = 456,9
|
|
= 85,9
|
Kita
masukkan ke rumus
b.
Simpangan baku untuk data kelompok ada 2 yaitu data sample dan data populasi:
untuk
data sampel
Untuk
data populasi
Contoh Soal
Diketahui data tinggi badan 50 siswa samapta kelas c adalah sebagai berikut
hitunglah berapa simpangan bakunya?
1. Kita cari dulu rata-rata data kelompok tersebut
Tinggi Badan
|
Frekuensi (fi)
|
Nilai Tengah (xi)
|
(fi).(xi)
|
131-140
|
2
|
135,5
|
271
|
141-150
|
8
|
145,5
|
1164
|
151-160
|
13
|
155,5
|
2021,5
|
161-170
|
12
|
165,5
|
1986
|
171-180
|
9
|
175,5
|
1579,5
|
181-190
|
6
|
185,5
|
1113
|
|
∑ƒixi
|
8135
|
|
|
Rata-rata
=
|
162,7
|
2. Setelah ketemu rata-rata dari data kelompok
tersebut kita bikin tabel untuk memasukkannya ke rumus simpangan baku
Tinggi Badan
|
Nilai Tengah (xi)
|
Frekuensi (ƒi)
|
(xi- )
|
(xi-)²
|
ƒi(xi-)
|
131-140
|
135,5
|
2
|
-4,94
|
24,405
|
48,81
|
141-150
|
145,5
|
8
|
5,06
|
25,60
|
204,83
|
151-160
|
155,5
|
13
|
15,06
|
226,80
|
2.948,45
|
161-170
|
165,5
|
12
|
25,06
|
628,00
|
7.536,04
|
171-180
|
175,5
|
9
|
35,60
|
1.229,20
|
11.062,83
|
181-190
|
185,5
|
6
|
45,06
|
2.030,40
|
12.182,42
|
|
|
50
|
∑ƒi(xi-)²
|
33.983,38
|
Simpangan Baku =
Hitunglah simpangan baku dari nilai ulangan Fisika
dari 71 siswa kelas XI SMA Merdeka sesuai Tabel 1.
Jawaban :
Dari hasil perhitungan sebelumnya diperoleh µ = 65,7.
xi
|
fi
|
xi - µ
|
(xi - µ)2
|
Σfi (xi - µ)2
|
42
|
3
|
–23,7
|
561,69
|
1.685,07
|
47
|
4
|
–18,7
|
349,69
|
1.398,76
|
52
|
6
|
–13,7
|
187,69
|
1.126,14
|
57
|
8
|
– 8,7
|
75,69
|
605,52
|
62
|
10
|
–3,7
|
13,69
|
136,9
|
67
|
11
|
1,3
|
1,69
|
18,59
|
72
|
15
|
6,3
|
39,69
|
595,35
|
77
|
6
|
11,3
|
127,69
|
766,14
|
82
|
4
|
16,3
|
265,69
|
1.062,76
|
87
|
2
|
21,3
|
453,69
|
907,38
|
92
|
2
|
26,3
|
691,69
|
1.383,38
|
|
Σfi = 60
|
|
|
Σfi (xi - µ)2 =
9.685,99
|
No comments:
Post a Comment